Maafkeun lama ndak posting,blognya makin gak keurus ajah yah. Jadwal kegiatan nambah 2 sekarang, ngelesin ponakan ma ehm,..kencan. Wait for seconds, saya gak akan bahas kencannya tapi tentang hal konyol yang selalu dilontarkan oleh ponakan-ponakan saya.

Let me introduce them,..

Idham Kholiq Asy’ari, kelas 2 madrasah (setara SD), hobi nyanyi dan ngobrol, pelajaran favorit b.inggris dan IPA.

Aida Rofiqoh, kelas 1 ditempat yang sama, hobi masih gak jelas, pelajaran favorit IPA dan kertasibu

(karena gak usah mikir).

Visca Naila Sari, duduk di bangku TK kelas A, hobi dandanin rambut dengan berbagai macam kuncir, pelajaran favorit belum ada karena cuma belajar baca dan ngitung (maaf belum sempat motret).

Jadi dapat dibayangkan to gimana jadinya mbak-mbak kantoran usia seperempat abad disuruh nemenin belajar 3 unyil hiperaktif dengan karakter gado-gado, yupz,..gempa 9 skala ritcher. Ada aja celetukan konyol dari mereka yang membuat saya marah dan ketawa dalam satu waktu. Seperti kejadian ini:

Aida : Mbak ninik,.. (sambil nulis LKS)

Saya : He’eh, ada apa? (pasang muka srius siap-siap ada soal susah)

Aida : Mbak ninik gak kena kencing manis ta? (berhenti nulis dan liat saya)

Saya : Heh?! Enggak, kok bisa?! Kenapa?! (celingak-celinguk kebingungan)

Aida : Kali aja, nenekku kan kena kencing manis (lanjut nulis lagi kek gak ada apa-apa)

—dan saya pun dongkol sendiri gara-gara disamakan dengan neneknya. Sekedar catatan, neneknya meninggal karna gangren—

Walaupun saya sebal karna umur saya ditambah semena-mene oleh aida, alamak,..saya disamakan dengan nenek-nenek. Tapi saya jadi sadar, mungkin dia khawatir kalo saya kena kencing manis, penyakit degeneratif yang menggerogoti itu. Ah,..so sweet, dengan polosnya mereka menunjukkan perhatian kecil. Perhatian yang yah,..penyampaiannya sedikit membuat shock.

Lagi-lagi saya harus hormat 5 jari dengan kehebatan anak-anak, dan dalam hal ini kagum pada kemampuan mereka menduplikasi atau meniru. Meniru apa??? Apa saja sebenarnya, yang mereka dengar, yang mereka rasakan, terutama yang mereka lihat. Is that a bad sign?? Not really sih, selama tontonan anak-anak itu baik serta sesuai usia..saya rasa aman. Lah bagaimana kalo tontonannya campur aduk, ini nih yang jadi PR buat ortu. Kudu rajin dampingin plus ngejelasin, terlebih pantengannya adalah televisi. Hellooowww,..televisi isinya beragam dan gak semua cocok sama bahasa anak-anak. Kek kejadian ini :

Saya : Idham, yang nomer 5 ini salah sayang. Ayo dipikir lagi jawabannya, dicari dibacaan. Pasti ada (bolak-balik LKS).

Idham : (pasang wajah super serius) terus..masalah buat loe?

Saya : Heh?! Ya ndak, tapi masalah buat kamu kalo dapat nilai jelek. Ayo ini jawabannya yang ‘a’, cepet diganti.

Idham : (pasang wajah super serius part 2) terus..gue harus koprol sambil bilang waow gitu?

Saya : Apa?! emang idham bisa koprol?susah loh itu.

Idham : (wajah serius part 3 mode on) Ciuss??? Miapah???

—dan saya pun spontan ngakak karena bingung mau jawab apa—

The point is anak-anak itu jago menduplikasi apa saja. Jadi jangan biarkan ingatan emas mereka penuh oleh duplikat-duplikat yang belum perlu semacam hal di atas.Hahahaha,..gak cuma iklan diatas sih,tapi kata-kata kita sehari-hari juga bakal mereka duplikasi.

So, mommy and daddy wacth out your manner!!!